Spread Your Wings

With Pham

Saya sedang asyik mendengarkan salah seorang panitia menjelaskan suatu jenis kue yang asing bagi saya. Sambil makan pelan-pelan, seorang anak muda cukup ganteng mendekati saya. Cukup ganteng, artinya Anda tahu siapa yang lebih ganteng kan? 🙂

Ia menyapa dan memperkenalkan diri. Namanya Pham. Ia baru mengajar dan tertarik meneliti. Saya katakan ayo saja. Ia lalu bilang kenal seseorang dari Indonesia. Katanya, temannya itu baru datang ke Ho Chi Minh untuk sebuah conference. Namanya Nova. Saya langsung bilang, saya kenal Nova.

Iapun kaget. Lebih kaget lagi ketika saya bilang saya mengajar Nova sebelumnya, namun sekarang ia adalah kolega saja di pendidikan dan dunia riset. Saya menganggapnya setara hanya ingin mengedepankan profesionalisme dan merit, meski saya adalah salah satu judge untuk skripsinya dulu. Bahkan, artinya biasa saja jika suatu saat ia bisa lebih baik nantinya.

Dunia begitu sempit kadang-kadang. Ini adalah kali sekian saya bertemu temannya teman. Dan ini bisa terjadi jika kita berkenan keluar dari kotak nyaman kita. Seperti pepatah bilang, bentangkanlah sayapmu, agar kau tahu seberapa jauh kau bisa terbang.

#novaera

Image: Photo with Pham in Ho Chi Minh University of Technology and Education

@mhsantosa
Circle me @ +Made Hery Santosa

©mhsantosa (2018)
I am happy to share this. Please feel free to reblog or share the link, all with my accreditation. Thank you.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s