Dunia pendidikan mengalami banyak sekali transformasi dalam perjalanannya. Saat ini, di jaman inovasi, revolusi industri 4.0, artificial intelligence, dan disrupsi, anak-anak dituntut bisa tetap cerdas, melek digital, sambil mengasah karakternya. Para guru diharapkan terus meningkatkan kualitas dirinya. Lembaga penyelenggara pembelajaran dituntut mampu beradaptasi dengan disrupsi cepat di dunia. Keterampilan-keterampilan lunak – sering disebut keterampilan abad 21 – sudah menjadi keharusan bagi siapapun, termasuk guru dan murid untuk bisa beperan lebih banyak di dunia tanpa batas ini. Bagaimanakah cerita guru di Batam mengajak anak-anaknya berkolaborasi? Bagaimanakah cerita guru-guru di Jakarta memberi ruang berpikir kritis dan memecahkan masalah pada anak-anak murid mereka? Aktivitas apa yang dilakukan oleh guru di Bogor di alam? Apa yang guru dari beberapa tempat di Indonesia lakukan dalam pembelajarannya agar anak-anaknya bisa melek teknologi dan belajar secara bermakna?
Daftar isinya bisa diintip di bawah ini.
Buku ini berisi kisah-kisah para guru dari berbagai tempat di Indonesia yang menerapkan keterampilan-keterampilan abad 21 – disebut core skill – dalam kelas-kelas mereka. Buku ini sangat bermanfaat karena memberi contoh nyata praktik-praktik baik yang bisa dicobakan di kelas-kelas para guru secara lebih luas lagi. Semoga SDM Indonesia bisa lebih baik lagi, mampu berperan di dunia global tanpa lupa kearifan lokal. Jika tertarik, bisa menghubungi saya atau para penulis ya 🙂
©mhsantosa (2022)