Tangan Kecil Untuk Ratih

IMG_20180218_182707

Saya masih sibuk dengan berbagai surat yang masuk ke meja saya. Sejak diminta menjadi Ketua Jurusan sejak 2015, pekerjaan menjadi banyak tentang administrasi, aturan, dan kebijakan. Tiba-tiba, dua mahasiswa masuk, mereka adalah Ratih dan Julita. Mereka saya tahu sedang semester 1 dan membantu di Himpunan Mahasiswa (HMJ). Mereka meminta pendapat dan tanda tangan saya. Sambil demikian, saya menyampaikan saya punya kegiatan berbagi mengedukasi adik-adik di seluruh penjuru Bali melalui Bali Edukasi. Mereka pun terlibat sejak saat itu. Khususnya untuk Ratih, ia terlibat sampai sekarang.

Di CamTESOL 2018, saya tawarkan juga untuk berbagi sesuatu. Bersama Risal, Ratih menyiapkan topik tentang Vlog. Menarik, karena ini trend. Saya bimbing dengan mengatur waktu yang bisa dibilang padat karya hehe… Singkat cerita, usulan tersebut lolos dan kami menyiapkan untuk presentasi. Meski hanya Ratih yang berangkat, saya yakin pengalaman ini akan menempa semua pihak untuk lebih siap lagi akan kehidupan selanjutnya.

Memberi kesempatan Ratih untuk bicara di depan publik internasional hanyalah tangan kecil saja. Semoga selanjutnya bisa membantu meningkatkan kualitas tanpa lupa akan kerendahan hati. “Mengedukasi itu bisa dengan banyak cara dan hendaknya bersifat non-finito.” Semoga memberi manfaat kepada lebih banyak yang memerlukan 🙂
Phnom Penh, February 2018

@mhsantosa

Circle me @ +Made Hery Santosa

©mhsantosa (2018)
I am happy to share this. Please feel free to reblog or share the link, all with my accreditation. Thank you.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s