Buku Baru! Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Daring Guru-Guru di Indonesia

Buku berjudul “Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Daring Guru-guru di Indonesia” ini terwujud seiring perkembangan situasi terkini terkait transformasi perkembangan teknologi yang pesat, derasnya perubahan pada revolusi industri 4.0, tuntutan pembelajaran abad ke-21, dan munculnya pandemi yang membuat pergeseran kebiasaan, termasuk di aspek pendidikan. Para guru harus mengajar dalam situasi yang bisa dikatakan belum ideal, dalam kondisi terpaksa dan minim bantuan, baik yang sifatnya teknis seperti kuota, perangkat, fasilitas sampai pemahaman pedagogis akan pentingnya integrasi teknologi yang tepat dan relevan agar tercipta pembelajaran yang bermakna. Buku ini bertujuan untuk mendokumentasikan cerita-cerita para guru yang mengalami pembelajaran daring, termasuk tatap muka terbatas. Buku ini berisi tulisan para guru yang berkenan untuk menuliskan pengalaman inspiratif mereka yang dikemas dalam bentuk praktik baik. Tulisan-tulisan ini memuat banyak hal menarik yang terjadi di masing-masing situasi sekolah di beberapa tempat di Indonesia, permasalahan-permasalahan yang ada, dan bagaimana proses adaptasi dengan situasi nyata di lapangan dilakukan. Buku ini berisi tulisan-tulisan sederhana namun penting untuk dibaca dan direplikasikan pada situasi yang mirip. Buku ini menunjukkan pemanfaatan teknologi yang efektif dan penguasaan pedagogi dan literasi digital sesuai perkembangan abad ke-21 saat ini di masa pandemi.

Buku ini bisa dilihat di tautan https://bit.ly/integrasipembelajarandaring.

©mhsantosa (2022)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s