Aplikasi Animals of Nusantara, Belajar Hewan Endemik dengan Virtual Reality yang Menyenangkan!

Animals of Nusantara (AoN) adalah salah satu produk anak bangsa dari tim Susila Lan Dharma (SLD). Ini adalah aplikasi Virtual Reality (VR) yang memiliki tujuan untuk membantu para siswa dalam belajar bahasa Inggris dengan cara menyenangkan dan inovatif interaktif sesuai dengan konteks kekinian, yaitu abad 21, disrupsi, dan revolusi industri 4.0. Aplikasi ini menggunakan animasi 3D yang didukung oleh fitur 360 derajat. Fitur ini membuat peserta didik dapat melihat, mengamati dan menjelajahi objek dengan jelas ke segala arah.

AoN mengambil hewan endemik Indonesia sebagai tema dan konten. Hewan endemik dikelompokkan menjadi tiga jenis berdasarkan habitatnya. Ada hewan Wallace, Weber, dan Australis. Masing-masing jenis tersebut terdiri dari tiga hewan endemik. Dengan aplikasi ini, peserta didik dapat lebih jelas dn nyata melihat bentuk hewan, mendengar suara mereka, mengamati lingkungan di sekitar hewan, dan membaca informasi tentang hewan dalam bahasa Inggris.

Jika ingin mencoba, silakan unduh gratis di sini (Android only). Untuk pengembangan aktivitas belajar bahasa Inggris bisa dibaca di buku berjudul Virtual Reality for English Learning dan Virtual Reality-based Learning in Action.

Jangan lupa bagi komentar juga ya di kolom komen di bawah ini 🙂

©mhsantosa (2022)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s