Menjadi Terdidik

Sahabat, kita tahu, pendidikan itu salah satu pilar paling penting dalam kehidupan, selain kesehatan dan kesejahteraan. Ia saling menopang. Misal, orang yang kaya namun mengambil jalan tidak benar, kualitas ‘menjadi terdidiknya’ harus dipertanyakan. Orang yang pendidikannya tinggi, belum tentu selalu otomatis menjadi terdidik. Misal, ia mengambil jalan pintas dengan membeli tugas atau menyontek untuk dapat nilai atau gelar tinggi.
.
Menjadi terdidik itu sebuah proses panjang. Semua orang mengalaminya. Ia tidak mudah, tidak juga terlalu sulit. Ini perlu gerakan bersama. Misal, sesekali, berkunjunglah ke perpustakaan sekolah di daerah terpencil. Yang bahkan tidak berlantai keramik seperti di foto ini. Yang bahkan tidak ada bukunya. Yang bahkan, tidak ada perpusnya!
.
Menjadi terdidik adalah perjalanan ‘reflektif mendalam’ yang bisa jadi sangat personal. Apapun itu, perlu kita selalu ingat dalam diri, bahwa pintar dengan IPK cumlaude atau ranking saja belumlah cukup, apalagi ia diperoleh dengan cara yang kurang baik. Domain (ranah) ‘kognitif’ (baca: pintar) yang biasanya direpresentasikan oleh gelar atau nilai saja tidak cukup. Ia harus saling didukung oleh ranah ‘afektif’ yaitu sikap dan karakter. Jika sempat, latihkan selalu juga fisik kita ini agar ranah ‘psikomotor’ kita bisa mendukung kita menjadi lebih baik.
.
Menjadi Terdidik adalah proses.
.
Selamat Hari Raya Saraswati, selamat (mengamalkan) hari turunnya Ilmu Pengetahuan.
.
07 Desember 2019
.
Foto: Perpustakaan Sekolah Dasar di salah satu perjalanan membangun negeri, menyalakan peradaban
.
#saraswati #terdidik

2 thoughts on “Menjadi Terdidik

  1. Siti lailatul firdaus says:

    Slamt pagi pak, smga shat slalu
    Sblmnya slmat hari saraswati
    Betul skali pak saat ini sngat bnyak pndidik yg mrasa puas dengan gelar yg dmlkinya tnpa memahami makna dri gelar trsbut. Puas dngan sbuah angka membuat seseorang lpa bahwa krakter lbih utama dripda angka. Mengjak untk melek litersi prlu proses yg sngat pnjang, wlau trkdang pndidik yg hrusnya mnjdi role model enggan mlakukannya bhkan mndukung program trsbut. Smoga gudang ilmu kcil kami bsa lbih brkmbang dan kdpannya lbih bnyak refrensi lgi. Slam prubahan n slam literasi pak😊
    Ijin share pak ya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s