Doktor Berbagi

Saya dihubungi oleh pihak LPPPM Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) untuk terlibat dalam kegiatan pertama mereka, yaitu Doktor Berbagi. Kegiatan ini adalah kali pertama diselenggarakan untuk memberi kesempatan para doktor yang baru selesai dalam rentang 3 tahun untuk berbagi mengenai riset dan hasil terkait risetnya. Topik awal di kegiatan ini adalah mengenai Teknologi dalam Pembelajaran.

Topik saya adalah Students’ Learning Approaches in EFL Blended Learning. Dengan menggunakan E-Learning, saya mencoba melihat pendekatan belajar dan hasil belajar siswa tingkat universitas di Bali. Hasil yang menurut saya menarik adalah, meskipun terlihat pendekatan siswa ke arah ‘deep learning’ namun setelah ditelusuri ada beragam faktor budaya yang mempengaruhi respon mereka mengenai pendekatan belajarnya. Namun, secara perlahan dalam satu semester, aktivitas pembelajaran berorientasi higher order thinking dengan pemanfaatan teknologi mampu membuat pergeseran pendekatan belajar, dari ‘surface’ ke ‘deep’.

Beberapa foto kegiatan adalah sbb:

Banyak masukan dan pembelajaran yang bermanfaat saya terima. Saya berharap, semoga bisa selalu menyebarkan ilmu dan berguna bagi lebih banyak orang.

@mhsantosa

Circle me @ +Made Hery Santosa

©mhsantosa (2017)
I am happy to share this. Please feel free to reblog or share the link, all with my accreditation. Thank you.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s