Empat Tahun Leonardo: Tentang Kasih Sayang

Leonardo 4th
Hari ini, Leonardo berulang tahun keempat. Tak terasa. Semakin besar sekarang, sudah masuk TK. Leo mulai bisa naik sepeda sama Rachela, kakaknya di halaman rumah yang masih luas. Sudah bisa rem sepeda juga. Baru-baru aja, setelah sebelumnya rem pakai sandalnya yang diturunkan. Suka ikut rempong nyiram dan berkebun. Sudah ikut repot mending the car, at least dengan tool box merah yang ada di mobil. Kalau ke grand dad dog, istilah dari kartun Peppa Pig untuk bengkel mobil, ia semangat sekali.

Bahasa Inggrisnya mulai bisa keluar, meski masih patah-patah dan ga beraturan. Konsonan /r/ sudah mulai lebih jelas. Kalau pakai teori pemerolehan bahasa dari Prof Dardjowidjojo, ini sesuai untuk anak Indonesia dimana konsonan /r/ diperoleh paling terakhir karena paling sulit pengucapannya dan kosakata Indonesia yang jarang ada penggunaan konsonan ini. Lain dengan anak berbahasa Inggris, yang banyak kata-katanya pakai /r/, misal car, dan seterusnya. Mungkin, karena Leo campur bahasanya, konsonan ini bisa lebih awal muncul dan sempurna di tahun setelahnya.

Leo tumbuh menyenangkan, kadang nakal, kadang suka nangis. Wajar. Ia matahari keluarga. Ia bulan kami juga. Bersama, ia tumbuh dan membelajarkan kami semua tentang kasih sayang. We love you, Leonardo ❤

Selamat ulang tahun, nak!

@mhsantosa (2019)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s