Berbagi di Politeknik Negeri Bali: MALL, Blended Learning, Research Trends and Issues

Saya dihubungi oleh sahabat saya Dana. Beliau kawan lama dan baik. Sering bertemu di beberapa kegiatan ELT. Beliau membantu di Pusat Bahasa di Politeknik Negeri Bali. Sebelumnya saya sudah pernah diundang untuk berbagi di PNB. Waktu itu, kami semua belajar dan berbagi sederhana tentang pemanfaatan ICT dan teknologi secara umum untuk dapat dipraktekkan di konteks pembelajaran bahasa. Kali ini, beliau ingin mengundang saya kembali.

Saya baru landing di Bandara Ngurah Rai ketika banyak sekali masuk ada pesan. Penting-penting beberapa. Ada kakak kelas yang menanyakan tentang reuni. Ada satu kontak tak dikenal. Ternyata dari Poltek. Iya menjadi penghubung untuk kegiatan ini. Saya diminta kesediaan tanggal tertentu sebelum menyiapkan yang lain. Dengan cepat saya cek kalender saya. Untuk cepat dan tertata baik, saya menggunakan Google Calendar System yang terintegrasi ke semua platform saya. Karena pelupa di antara banyaknya agenda, saya merasa sangat terbantu oleh sistem otomatis seperti ini.

Pada hari H, saya berangkat dari Singaraja, menuju Jimbaran. Ujung utara ke ujung selatan hehe… Jadi harus pagi. agak padat perjalanannya sampai-sampai saya agak terlambat sedikit. Saya mohon permakluman. Saya senang bisa datang kembali. Saya bertemu banyak kawan lama maupun baru. Ada anak-anak muda tim di Pejuang Beasiswa Bali dan Bali Edukasi, seperti Agus, Heka, Irma. Ada juga mahasiswa sebelumnya. Ada kawan lama. Ada Pak Pudir IV. Dan banyak lagi. Saya mencoba berbagi trend terbaru di dunia pembelajaran bahasa berbasis teknologi. MALL, Blended Learning, sampai Artificial Intelligence (AI) Perlu waktu memang, namun dengan contoh dan langkah-langkah pembelajaran jelas, semoga bisa dipahami.

Satu hal yang penting dilanjutkan menurut saya adalah praktek konkrit dan kalau bisa dirangkaikan dalam bentuk penelitian sehingga bukti-bukti empiris mengenai konteks MALL dan Blended Learning ini bisa mendapat basis data dan hasil yang kuat dan menambah khazanah keilmuan bidang ini.

Terima kasih dan semoga bisa bertemu kembali ^^

@mhsantosa (2019)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s